KOPHI NASIONAL

sumber: kophi.or.id

7 Tahun Bersama KOPHI Nasional

KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia) merupakan organisasi pemuda pemerhati lingkungan yang saat ini tersebar di 15 provinsi di Indonesia. KOPHI berdiri pada tanggal 28 Oktober 2010 dan diresmikan pada tanggal 30 Oktober 2010 melalui Deklarasi KOPHI di Museum Bank Mandiri. 

KOPHI berdiri untuk menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim sehingga mereka dapat bergerak untuk melakukan tindakan secara kolektif dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang lestari. Pembentukan KOPHI berjalan independen dan tidak terafiliasi dengan organisasi atau pihak tertentu. 

 

Sejak pembentukan KOPHI hingga saat ini, visi KOPHI ialah mempersatukan generasi muda Indonesia untuk peduli dan tanggap demi terwujudnya lingkungan Indonesia yang lestari. KOPHI yang berpusat di D.K.I Jakarta telah berada di 14 provinsi lainnya (selain D.K.I Jakarta) yaitu D.I. Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah. D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan. Setiap regional memiliki program kerja masing-masing dan memiliki program kerja nasional yang dilakukan serempak setiap tahunnya. 

Merajut Simpul Kelestarian Indonesia

Selain itu, KOPHI juga memiliki agenda besar yang bertujuan mempertemukan delegasi-delegasi yang mewakili KOPHI Daerah, yaitu Kongres Nasional. Melalui Kongres Nasional juga, KOPHI membuka pendaftaran untuk daerah yang belum memiliki KOPHI untuk menjadi bagian dari keluarga KOPHI.

Pada tanggal 11 – 14 November 2017, telah diselenggarakan Kongres Nasional yang ke V di Semarang, Jawa Tengah. Kongres Nasional yang diadakan di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Jawa Tengah, Semarang tersebut dihadiri oleh 9 perwakilan KOPHI Daerah yaitu KOPHI DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Pada Kongres Nasional yang mengangkat tema “Luhuring Pertiwi Sangkan Paraning Dumadi” tersebut telah berhasil dilantik pengurus KOPHI Daerah dan Pusat untuk tahun kepengurusan 2017-2019, membahas berbagai isu lingkungan nasional dan menyepakati rencana kerja bersama KOPHI Nasional. 

Pada tahun 2015 – 2016 Program kerja KOPHI yang diselenggarakan secara serempak adalah KOPHI Senusa (Sejukan Nusantara). Kegiatan yang bertujuan untuk mengangkat potensi ekowisata lokal di daerah, dan memperkenalkan kegiatan pelestarian alam tersebut berhasil diselenggarakan di berbagai KOPHI Daerah, salah satunya KOPHI Yogyakarta. Pada tahun 2015, KOPHI senusa dilaksanakan di Wildlife Rescure Center, Kulon Progo, dan pada tahun 2016 KOPHI senusa dilaksanakan di Pantai Baros, Bantul. Sedangkan pada tahun 2017-2019, rencana Program Kerja yang akan dilaksanakan secara bersama-sama oleh KOPHI Nasional adalah Gerakan Pemilahan Sampah KOPHI atau disingkat Gelas KOPHI.