SEJARAHKOPHI

Sebuah Catatan Sejarah

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia atau KOPHI berdiri pada tanggal 28 Oktober 2010 dan diresmikan pada tanggal 30 Oktober 2010 melalui Deklarasi KOPHI di Museum Bank Mandiri untuk menjadi suatu wadah bagi anak muda yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim sehingga mereka dapat bergerak untuk melakukan sebuah tindakan secara kolektif dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang lestari.

Dipelopori oleh ketiga pendirinya; Yudithia (Universitas Indonesia),  Lidwina Marcella (London School of Public Relation) dan Agusman Pranata (President University), KOPHI berkembang menjadi organisasi pemuda pemerhati lingkungan yang tersebar di 18 provinsi Indonesia. Pembentukan KOPHI berjalan independen dan tidak terafiliasi dengan organsisasi atau pihak tertentu.

Menginspirasi Yogyakarta

Pada 11 November 2011 Gumilang Satriyo Nugroho (UGM) dan Ekamara Ananami Putra (UGM) mengikuti Kongres Nasional Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) I di President University, Jababeka, Jakarta. Dalam Kongres Nasional I Gumilang Satriyo Nugroho ditetapkan sebagai Koordinator Umum KOPHI D.I. Yogyakarta. Seusai Kongres Nasional I, Gumilang atau akrab dipanggil Gilang, membuka kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa di Yogyakarta untuk bergabung dalam KOPHI Yogyakarta melalui mekanisme rekrutmen. 

Pada tanggal 22 November 2011, Gumilang Satriyo Nugroho, Ekamara Ananami Putra, Rida Nurafiati, Dito Sunjaya, dan Andri Prasetiyo mulai menyusun visi misi dan rencana kerja KOPHI Yogyakarta. Meskipun KOPHI merupakan organisasi yang terstruktur, namun otonomi untuk setiap daerah diizinkan untuk dilakukan penyesuaian dengan potensi dan tantangan daerah masing-masing. Hal inilah yang menjadi langkah awal pendirian KOPHI D.I.Yogyakarta.

Kami terus berkembang

Tidak hanya menjadi forum komunikasi antara pemuda dan pemudi Indonesia yang mempunyai kepedulian terhadap isu perubahan iklim, melalui kegiatan KOPHI dan campaign yang KOPHI adakan, KOPHI juga hadir sebagai fasilitator dalam pengembangan kapasitas mereka melalui workshop, pelatihan dan seminar yang bekerjasama dengan LSM-LSM dan komunitas lainnya di Yogyakarta.

Sebagai komunitas pemuda Indonesia, KOPHI terus berkembang dan berharap untuk dapat menjadi, sumber informasi bagi pemuda-pemudi Indonesia terkait isu perubahan iklim dan lingkungan hidup yang mampu mewujudkan Indonesia yang lestari.